Selasa, 26 Januari 2016

Resep Bandeng Presto Duri Lunak

Resep Bandeng Presto Duri Lunak – Menu sedap selera bahari yang sudah tidak asing lagi adalah ikan bandeng dengan olahan masakan bandeng presto duri lunak. Ikan bandeng presto ini seringkali disantap sebagai lauk pauk pendamping nasi dengan kandungan protein yang baik sekali untuk pertumbuhan anak.


Untuk dapat menikmati sedapnya bandeng presto duri lunak anda dapat membelinya di supermarket atau pun membuatnya sendiri ala dapur rumah. Jika akan membuatnya sendiri, maka anda harus mempersiapkan bahan-bahan dan peralatan yang pasti akan dibutuhkan saat memasak bandeng presto. Salah satu alat yang akan anda butuhkan dalam mengolah ikan bandeng presto adalah alat presto (panci) itu sendiri. Sedangkan bahan-bahan yang harus disiapkan dan langkah-langkah penyajian bandeng presto duri lunak dapat anda lihat di bawah ini.

Resep Bandeng Presto Duri Lunak Gurih Nikmat

Resep Bandeng Presto

Bahan-bahan Bandeng Presto

Ikan bandeng, 1000 gram
Air jeruk nipis peras
Ragi tape, 1 sdm
Serai memar, 4 pcs
Daun salam, 4 pcs
Lengkuas memar, 8 cm
Daun pisang secukupnya
Bumbu Halus Bandeng Presto

Jahe, 2 cm
Kunyit, 5 cm
Bawang putih, 12 pcs
Gula pasir, 1 sdt
Garam dapur, 2 sdm
Bahan Pelapis (luar) Bandeng Presto

Telur ayam, 1 butir
Garam dapur, ¼ sdt
Cara Membuat Ikan Bandeng Presto

Balur satu per satu ikan dengan perasan air jeruk nipis. Baluri kembali dengan ragi tape dan sekali lagi dengan bumbu halus yang sudah disiapkan. Pastikan melakukanya secara berurutan.
Kemudian dinginkan dalam freezer selama sekitar 2 jam.
Siapkan alat presto lalu tuang air ke dalamnya sampai mencapai saringan kukusan.
Selanjutnya lakukan tahap berikut ini: letakkan dan pisang, lalu disusul dengan daun salam, lalu letakan daun sereh, lengkuas dan terakhir bandeng. Lakukan sampai menjadi dua tumpukan ikan bandeng. Kemudian tutup kembali bagian atasnya dengan daun pisang.
Mulai presto dan tunggu sampai mendesis sekitar setengah jam. Diamkan beberapa saat sampai dingin dan aman saat dibuka.
Selanjutnya siram kembali dengan air lalu presto kembali sekitar setengah jam. Angkat dan diamkan sampai dingin.
Sementara itu, kocok telur dengan campuran garam. Ambil bandeng dan celupkan ke dalam kocokan telur lalu goreng sampai lapisan telur matang. Angkat dan sisihkan. Lakukan berulang sampai semua ikan bandeng yang sudah dipresto habis.
Lengkapi kenikmatan bandeng presto duri lunak dengan siraman saus tiram. Simak resep sajian lengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan Saus Tiram

Cabai rawit (iris miring), 3 buah
Bawang merah (iris tipis), 2 pcs
Bawang putih (iris tipis), 1 pcs
Jahe (kupas iris kecil-kecil), 1 cm
Bawang daun (iris tipis), 2 batang
Saus botol kecil, 1 pcs
Kecap, 1 sdm
Cara Membuat Saus Tiram

Siapkan minyak panas, lalu goreng bawang merah, bawang putih dan cabe sampai setengah matang. Kemudian tambahkan jahe dan masak kembali sampai matang kecoklatan.
Siram dengan air secukupnya, lalu tambahkan bawang daun saus dan kecap. Aduk merata dan masak sampai mendidih dan menjadi kuah kental. Angkat.
Setelah itu, siramkan di atas badeng presto.
Pastikan menggunakan ikan bandeng yang masih fresh dan goreng dalam genangan minyak panas. Perhatikan juga pada saat akan membuka presto, karena air pada presto akan sangat panas sekali.

Demikian resep bandeng presto duri lunak dengan siraman saus tiram enak dan gurih. Dapatkan juga resep masakan ikan lainnya hanya di resepcaramasak.com, kumpulan berbagai aneka resep sedap.

Resep Bandeng Presto Duri Lunak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: LEARNING INJURY LAWYER

 

Top